Cara Solat Ketika Sakit

Banyak sekali diantara kita semua yang tidak mengetahui bagaimana cara solat ketika sakit sedangkan diri kita sendiri masih memiliki kemampuan untuk menunaikannya. Misal terjadinya kecelakaan ringan yang diakibatkan kecelakaan seperti tabrakan motor namun tidak terlalu parah.

Baca juga artikel keselamatan dalam berkendara yang dikutip dari website mamangbengkel.

Dalam artikel ini saya akan sedikit berbagi ilmu pengetahuan tentang bagaimana cara solat ketika keadaan sedang sakit yang tidak mampu menunaikan kewajiban solat secara sempurna, yaitu berdiri. Namun masih mampu untuk menunaikan ibadah solat dengan cara lainnya selain dari berdiri.

Berikut dibawah ini adalah tata cara solat ketika sedang sakit yang perlu kalian ketahui, kenapa perlu kalian ketahui? Karena perkara ini penting banget untuk menunjang kehidupan di dunia dan juga akhirat.

Maka dari itu, yuk langsung saja kita simak pembahasan mengenai ilmu penting yang telah saya tulis didalam paragraf dibawah ini.

Solat Ketika Keadaan Duduk

solat ketika sakit
mukisi.com

Namanya penyakit datang menyerang tubuh kita, kita sebagai manusia biasa yang tak bisa berbuat apa apa tidak akan mengetahuinya, karena penyakit itu sendiri datang dari sang maha pencipta, yaitu Allah SWT.

Misal, kita sedang merasa tidak enak badan. Kemudian tubuh kita tidak kuat untuk berdiri seperti biasa sedangkan kita masih harus tetap menunaikan kewajiban kita sebagai umat Muslim, yaitu menjalankan solat fardhu 5 waktu dalam sehari.

Lantas apa yang harus kita lakukan agar tetap bisa menjalankan kewajiban sebagai umat muslim? Selagi kita masih diberi kesempatan dan kekuatan untuk menjalankan solat walaupun itu sedang keadaan sakit, maka kita harus melaksanakan solat dengan cara solat sambal duduk.

Ada beberapa hal mengenai solat ketika sakit sambal duduk yang harus kita perhatikan:

  1. Posisi tubuh duduk, namun duduknya sama seperti sedang duduk diantara 2 sujud
  2. Badan kita harus mengarah atau menghadap kiblat
  3. Membaca niat solat sesuai waktu solat yang akan dikerjakan seperti solat subuh, Kemudian langsung takbir sambal mengangkat kedua tangan kita. Duduk takhiyat awal dan akhir posisi kita masih tetap seperti solat dalam keadaan sehat.
  4. Melakukan ruku dengan cara menundukan tubuh bagian kepala ke arah bawah sehingga duduk kita berhadapan dengan tempat kita untuk mensujudkan diri.
  5. Begitu juga dengan iktidal, iktidal bisa kita lakukan dengan cara menaikkan kembali kepala tegak seperti sebelumnya.
  6. Untuk sujud bisa dilakukan seperti pada umumnya, akan tetapi jikalau teman-teman semua tidak mampu untuk bersujud, kalian masih tetap bisa melakukannya dengan cara menundukkan kembali kepala lebih rendah ketika sedang ruku.

Solat Berbaring Miring

solat ketika sakit
curhatmuslimah.com

Ketika kita sedang sakit, kita tidak akan pernah mengetahui penyakit seperti apa yang menyerang kedalam tubuh kita. Lalu bagaimana cara solat ketika sakit dalam keadaan yang tidak mampu berdiri atau pun duduk, namun kita masih bisa tiduran sambal memiringkan badan?

Walaupun kita tidak bisa berdiri atau pun duduk, kita masih tetap bisa menjalankan solat 5 waktu dengan cara berbaring sambal memiringkan badan kita.

Berikut penjelasan solat ketika sakit sambal berbaring miring menghadap kiblat:

  1. Berbaring dan miringkan badan kita diatas Kasur lalu menghadap kiblat.
  2. Tangan seperti biasa kita angkat-kan sambal mengucap takbir. Apabila tidak mampu, cukup mengucapkan takbir saja didalam hati dan niat-kan kita untuk menjalankan solat fardhu.
  3. Muka dan dada harus menghadap ke arah kiblat.
  4. Ruku tetap dilakukan dengan cara menggunakan isyarat dibagian kepala selama rukuk, kemudian dengan sujud. Sujud juga harus tetap kita lakukan dengan cara menundukan kepala lebih rendah ketika sedang ruku.
  5. Apabila masih tidak mampu, maka kalian semua yang sedang sakit masih bisa tetap melakukan solat dengan cara menggunakan isyarat kedua kelopak mata.

Solat Berbaring Terlentang

solat ketika sakit
curhatmuslimah.com

Dalam keadaan berbaring terlentang diatas Kasur, apakah masih bisa menunaikan kewajiban kita untuk mengerjakannya? Tentu saja, selagi masih diberi kemampuan, kita harus tetap melaksanakan kewajiban sebagai umat muslim.

Cara solat ketika sakit sambal berbaring terlengtang itu ialah:

  1. Berbaring telentang diatas Kasur sambal meluruskan kedua kaki kearah kiblat.
  2. Tangan seperti biasa diangkat kan dengan mengucapkan kata takbir. Jika tidak kuat, kalian cukup mengucapkan takbir saja.
  3. Meninggikan sedikit posisi kepala dengan cara menggunakan bantal agar wajah kita menghadap kearah kiblat.
  4. Ruku dan sujud menggunakan isyarat dengan kedua kelopak mata.
  5. Apabila masih tetap tak berdaya menggunakan isyarat dengan kedua kelopak mata, kalian bisa melakukan ruku dan sujud dengan cara meniatkan didalam hati bahwa kalian akan melakukan ruku dan sujud.

Solat Ketika Sakit Dengan Isyarat Kelopak Mata

Dalam keadaan apapun, kita masih tetap bisa melaksanakan kewajiban untuk menunaikan solat. Contoh misalnya melaksanakan solat ketika sakit dengan cara hanya menggunakan kedua kelopak mata saja.

Cara solat ketika sakit dengan cara menggunakan isyarat kelopak mata:

  1. Tubuh kita harus dalam keadaan berbaring dan juga telentang.
  2. Kedua kaki kita menghadap ke arah kiblat.
  3. Ruku dengan cara menggerakkan kelopak mata kebawah.
  4. Untuk sujud sendiri bisa kita lakukan dengan cara memejamkan kedua bola mata.

Solat Menggunakan Isyarat Hati

Bagaimana bisa melakukan solat dengan cara menggunakan isyarat hati? Tentu saja bisa, karena Allah SWT itu maha mengetahui isi hati manusia, dan memaklumkan atas keadaan manusia tersebut. Lantas bagaimana caranya untuk melakukan solat ketika sakit dengan cara menggunakan isyarat hati?

Jawabannya adalah: Cukup mengingat rukun solat didalam hati sesuai dengan menurut tertib solat.

***

Kesimpulan dari artikel diatas ialah harus tetap melaksanakan kewajiban untuk menjalankan solat fardhu 5 waktu, walaupun keadaan kita sedang sakit, kita sebagai umat muslim harus tetap menjaga solat kita, karena Allah SWT sendiri maha pemurah lagi maha penyayang kepada hambanya.

Perkara diterima atau tidaknya itu urusan Gusti ALLAH, kita sebagai makhluknya hanya cukup berdoa dan berserah diri kepadanya.

Mungkin cukup sekian penjelasan mengenai solat ketika sakit, semoga adanya artikel ini bisa bermanfaat bagi kita semua sebagai umat muslim. AAMIIN

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.