Doa untuk Orang yang Sudah Meninggal Arab / Latin / Penjelasan

Doa untuk Orang yang Sudah Meninggal – Jika dilihat secara umum, pengertian orang meninggal dunia adalah keadaan terpisahnya ruh dari jasad seseorang dan apabila dilihat dari ilmu kedokteran, orang akan bisa dikatakan sudah meninggal apabila jantung seseorang sudah berhenti berdenyut sehingga sudah tidak bisa menunjukkan lagi akan kehidupan di dunia ini.

Untuk masalah kematian itu berlaku untuk semua manusia yang bernyawa yang mana semuanya pasti bakal dipertemukan dengan kematian entah beragama islam, kristen, hindu budha bahkan yang tidak beragama pun pasti akan menemui kematian.

Kematian juga akan menjemput orang yang tua atau muda, pria atau wanita, pasti semuanya akan meninggal, hanya saja kita sebagai mahluk hidup ciptaan tuhan tidak tau kapan kematian bakal menjemput kita.

Doa untuk Orang yang Sudah Meninggal

kehidupan setelah kematian
kehidupan setelah kematian-zakirnaikstory.blogspot.com-kehidupan setelah kematian

Maka dari itu, kita sebagai seorang yang beragama Islam yang masih hidup harus sungguh-sungguh dalam mencari bekal yang banyak untuk kehidupan yang kekal di akhirat nanti.

Karena apabila kita sudah meninggal dunia, maka tidak ada yang bisa kita bawa kecuali tiga hal yang mana diantaranya adalah shodakoh jarriyah, ilmu yang bermanfaat dan doa dari anak yang sholeh.Pengertian Alam Barzah, Yamumul Ba’ats, dan Yaumul Mahsyar

Sedangkan dalam membaca doa untuk orang yang sudah meninggal akan sampai kepada orang yang sudah meninggal. Dalil mengenai hal ini ada pada al-quran surat al hasyr ayat 10 telah menerangkan yang artinya:

”Dan Orang2 yg datang setelah mereka (kaum Muhajirin & Anshor) mereka berdoa : ‘ Ya Rabb kami berikanlah pengampunan kepada kami dan juga saudara-saudara kami yang telah lebih dulu beriman dari kami, dan jangan Engkau biarkan kedengkian dalam hati kami terhadap orang-orang yang beriman. Ya Rabb kami, sesungguh-nya Engkau Maha penyantun dan Maha Penyayang (QS. Al Hasyr Ayat 10) ”.

Dari keterangan firman Allah Subhanallahu wa ta’ala tersebut, maka doa untuk orang yang sudah meninggal dapat disimpulkan tidaklah sia-sia, karena doa yang dipanjatkan insya Allah akan sampai kepada orang yang sudah meninggal tersebut.

Kunjungi website kami untuk mencetak buku yasin berkualitas

Oleh karena itu, untuk kesempatan kali ini saya akan memberikan beberapa kumpulan doa-doa untuk orang yang sudah meninggal, yang mana doa ini bisa kalan semua amalkan untuk ditujukan kepada orang tua, kakek, nenek, saudara, teman atau semua umat muslim yang telah mendahului kita.

Bacaan Doa Untuk Orang Meninggal Dunia Di Ajaran Islam

doa mayit laki laki
doa untuk orang yang sudah meninggal – doa untuk mayit

Sebagai tambahan saja akan cara membaca doa untuk yang sudah meninggal, bisa anda lakukan dengan sendiri dirumah adalah membaca doa dengan menyebut nama almarhaum atau almarhumah dan dibacakan setelah mengamalkan sholat wajib lima waktu atau juga sholat sunnah setalah adzan dan sebelum iqomah.

Karena di waktu tersebut merupakan waktu mustajab untuk berdoan. Tapi sebenarnya dalam memanjatkan doa untuk orang yang sudah meninggal dunia bisa dilakukan kapan saja dan juga dimana saja asalkan jangan ditempat yang najis.

Untuk menambah yakin dalam berdoan dianjurkan untuk berwudhu terlebih dahulu lalu berdoa dengan penuh kekhusuan dan keyakinan bahwa doa kita pasti terkabulkan.

Doa untuk Mayit Laki-laki

doa untuk orang yang sudah meninggal
doa untuk orang yang sudah meninggal – bacaansholatlengkapp.blogspot.com

Gambar di atas salah satu bacaan doa untuk orang yang sudah meninggal dunia laki laki yang sudah dilengkapi juga dengan terjemahan berbahasa Indonesia sehingga bisa menjadikan kemudahan untuk anda dalam menghafalkan dan menghayati di setiap memanjatkan doa saat sendiri di rumah dan dimanapun.

Doa untuk Mayit Perempuan

doa untuk jenazah perempuan
doa untuk mayit perempuan –
bacaansholatlengkapp.blogspot.com

Selain itu, untuk membaca doa untuk orang yang sudah meninggal dunia khusus untuk mayat perempuan bacaanya sama seperti yang sudah tercantum di atas, cuma saja butuh perubahan untuk setiap akhir kalimat, yang mana dari akhiran “hu” dirubah menjadi “ha” seperti contoh di atas.

Bacaan Sholat Mayit dari Niat Sampai Salam yang Perlu Kalian Amalkan

Namun apabila terdapat kesusahan dalam membaca atau menghafal pada bacaan doa untuk almarhum dan almarhumah di atas, maka anda bisa menggantinya dengan membaca doa untuk orang yang sudah meninggal dengan menggunakan Bahasa Indonesia atau bisa juga dengan bahas daerah anda masing-masing.

Untuk kata dalam doanya terserah anda seperti apa kata-katanya, tapi untuk urutan atau tatacara doanya anda bisa ikuti cara ini, yaitu terbebas dari hadas kecil atau besar lalu menyebut nama almarhum atau almarhumah yang mau dikirimkan doa.

Setelah itu meminta kepada Allah subhanallah wa ta’ala agar almarhum atau almarhumah dihapuskan dosanya, dilapangkan kuburannya, dan dihindarkan dari siksa kubur dan yang terakhir membaca surat al-fatihah atau bila perlu surat yasin.

Sebagai tambahan untuk kalian bahwasanya bacaan doa untuk orang yang sudah meninggal diatas sebaiknya dibaca setelah anda mengerjakan sholat entah itu sholat wajib maupun sholat sunnah yang mana di waktu itu kita dalam keadaan suci.

Adapun manfaat, kelebihan dan keutamaan dalam membaca doa untuk orang yang sudah meninggal yang dapat kita raih diantaranya adalah mendapatkan pahala tambaha dari Allah subhanallahu wa ta’ala karena kita sebagai hambanya masih mengingat kematian, berdoa dan memohon kepada Allah subhanallahu wa ta’ala juga bisa meningkatkan kadar keimanan kita karena kita ingat akan kematian atau takut akan kematian.

Mungkin itu saja apa yang bisa saya sampaikan mengenai doa untuk orang yang sangat meninggal dunia. Mudah-mudahan informasi ini bisa bermanfaat untuk kita semua dan bisa menambah dan meningkatkan keimanan kita kepada Allah Subhanallahu wa ta’ala.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.